Menunggu Nasib Murbahah dalam Praktik

Tepat tanggal 23 Oktober 2013 lalu, DSAS melakukan public hearing terhadap ED PSAK 102 tentang Akuntansi murabahah. Hal yang paling menarik dalam ED ini adalah terbukanya ruang untuk “pengakuan” murabahah sebagai bagian dari pembiayaan, selain juga “wujud” asli murabahah sebagai moda jual beli.

Keberadaan murbahah sebagai pembiayaan merupakan bagian dari proses akomodir terbitnya fatwa DSN MUI nno 84 yang mengijinkan Bank Syariah untuk mengakui keuntungan murabahah dengan metode anuitas. Tentu saja dengan penggunaan metode anuitas ini, maka secara substantif murabahah dalam bank syariah bukan lagi sebagai bentuk akad jual beli, namun secara faktual berfungsi sebagai bentuk pembiayaan (financing).

Penulis beropini jika jenis murabahah dalam ED PSAK 102 disetujui dan disahkan, maka penulis menilai hal ini akan berdampak pada makin kuatnya persepsi masyarakat yang meyakini bahwa bank syariah tidak berbeda dengan bank konvensional. Terlebih ED ini mempertegas bahwa jika murabahah sebagai moda pembiayaan maka bank ybs diharuskan menerapkan PSAK 50, 55 dan 60.

Menarik kita tunggu bagaimana kelanjutannya,,dan bagi yang ingin mengakses ED PSAK 102 dapat didownload pada link berikut ED 102 (3)

Alhamdulillah..ternyata evaluasi bulan ini peringkat 18

Senin, 18 Oktober 2013
Siang-siang secara tidak sengaja melihat staf sedang membuka blogmetrics.ub.ac.id dan tampak  bertengger di posisi 18 muncul nama blog ini untuk peringkat blog dosen. Syukur alhamdulillah atas pencapaian bulan ini, dengan demikian tantangan ke depan adalah bagaimana semakin memacu produktivitas menulisnya sehingga bisa memacu produktivitas blog ini juga. Terima kasih kontributor yang sangat aktif menulis (terutama ust.Muhammad Abduh Tuasaikal, yang luar biasa produktif- jazzakallah ya ustad)

Fakta Di Balik Fatwa “Jihad Nikah” / “Jihad Mut’ah” [PENTING!]

PENTING! FAKTA ‘JIHAD NIKAH’ VS ‘JIHAD MUT’AH’ Tuduhan Syi’ah dan Musuh-musuh Islam terhadap ulama Ahlus Sunnah serta mujahidin tak kunjung henti-hentinya. Bahkan, Syi’ah tidak malu untuk mengungkit tuduhan lam… Continue reading